Tuesday 5 May 2015

Kereta Cepat ala Korea

(Korea Train Express) KTX namanya, konon kecepatan kereta tersebut bisa mencapai 300km/jam. Bayangkan saja waktu tempuh Seoul-Busan yang berjarak sekitar 332km (seperti jarak Jakarta-Surabaya) adalah 3 jam. Karena singkatnya waktu tempuh sehingga diputuskan untuk menggunakan KTX dibanding menggunakan bus malam untuk menjelajahi Seoul-Gyeongju-Busan-Seoul. Harga KTX untuk kelas ekonomi Busan-Seoul harganya ₩54.400 atau sekitar Rp.652.800,- dengan kurs 1won = Rp.12,- kalau ditambah dengan Seoul-Gyeongju dan Gyeongju-Busan, mahal juga yah?! Tapi ada trik murah berKTX yaitu KRpass. 

Apasih KRpass?
KRpass ini semacam tiket terusan untuk durasi beberapa hari dumulai dari 1 hari, 3 hari, 5 hari, dst. Tiket terusan, artinya KRpass bisa digunakan kemana saja, beberapa kalipun selama masih dalam durasi waktu tertentu tersebut.

Belinya dimana?
Belinya secara online di link ini, tapi hanya bisa dibeli di luar wilayah Korea Selatan. Jadi mestinya beli sebelum kita menginjakkan kaki di Korea.

Cara belinya?
Buka aja dulu link di atas, nanti petunjuknya jelas kok. Tapi mesti siapin paspor dan kartu kredit. Isi semua data sesuai paspor dan kartu kredit, setelah proses reservasi selesai, print bukti bookingan tiket KTX dan perlihatkan saat penukaran nanti.
Catatan: Saat penukaran bookingan tiket, paspor dan kartu kredit akan diminta oleh petugas.

Dimana nuker bukti bookingan? 
Diloket yang berada di stasiun-stasiun. Sekedar sharing pengalaman berKTX dengan KRpass, karena tiba di Inchoen, kami langsung menukar bukti bookingan tersebut di loket KTX yang berada di sana,dan kami diberi kartu KRpass berwarna biru muda seukuran kartu nama/KTP gtu.

No comments:

Post a Comment